Terima Kasih Line Sudah Menghiasi Masa Kami

Kabar mengejutkan datang dari aplikasi sosial Line. Ya, dipastikan per 6 Juli 2022 Line Today akan ditutup di Indonesia. Kabar ini di konfirmasi langsung oleh pihak Line Indonesia.

Fanny Verona selaku Country Manager Line Indonesia, mengatakan bahwa ditutupnya layanan aplikasi tersebut di Tanah Air sebagai bentuk strategi perusahaan untuk fokus pada bisnis teknologi keuangan di Indonesia.

“Kami akan tetap menyediakan layanan-layanan esensial lain serta melakukan aktivitas M&A,” ungkap Fanny mengutip Kompas Tekno, pada Selasa (14/6/2022).

Menurut Fanny, meskipun layanan Line Today ditutup akan tetapi hal tersebut tak akan berdampak pada layanan lainnya. Adapun misalnya seperti layanan percakapan (chatting) Line Messenger yang tak akan terganggu dan layanan tersebut masih akan beroperasi seperti biasa.

“Beberapa layanan, termasuk aplikasi standalone kami akan tetap beroperasi sama seperti sebelumnya, seperti aplikasi Line dan layanan komunikasi lainnya (termasuk Stickers), Line Bank, Line Webtoon, Line Game, Bisnis Fintech seperti Line Split Bill, Timeline (atau Line Voom),” Fanny menjelaskan.

Disamping itu Fanny juga menjelaskan bahwa penutupan layanan Line Today ini tidak akan berdampak pada akun milik pengguna.

“Para pengguna Line di Indonesia juga masih dapat menggunakan akun Line mereka untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga ataupun kerabat lainnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, kabar mengenai ditutupnya layanan aplikasi Line Today per 6 Juli 2022 memang sudah ramai di media sosial. Akun Instagram dengan handle @ecommurz sebagai pengunggah yang  mengumumkan terkait penutupan Line Today yang dikirim kepada mitra.

Nantinya, halaman-halaman konten yang ada di Line Today akan dialihkan ke sebuah halaman pemberitahuan. Sampai saat ini, aplikasi Line Today sendiri masih bisa diakses oleh publik.

Isu Tentang PHK karyawan

Sempat di wartakan sebelumnya jika Line Indonesia memang telah dikabarkan bakal menutup layanannya di Tanah Air. Kabar ini pun menyeruak sekitar awal Juni yang lalu.

Bersamaan dengan rumor tersebut, perusahaan asal Jepang ini juga di isukan bakal melakukan pemutusan hubungan kerja alias (PHK) 80 karyawannya di Indonesia.

BACA JUGA  Aplikasi Pembuat Nada Dering Pesan WA yang Menarik

Sebelumnya Fanny tidak menyanggah maupun membenarkan adanya rumor tersebut. Tetapi, ia membantah jumlah karyawan yang di-PHK tersebut serta mengatakan jika pihaknya bakal menetapkan sumber daya mereka sesuai dengan arah bisnis dan strategi perusahaan.

Kemudian disamping itu, Fanny juga memastikan bahwa pihaknya akan tetap menyediakan layanan utamanya, yaitu Line Messenger kepada pengguna di Indonesia.

“Kami pun akan tetap menyediakan layanan yang esensial bagi pengguna setia kami serta akan tetap melakukan aktivitas seperti merger, akuisisi, dan investasi. Untuk informasi selanjutnya, kami akan mengumumkannya di halaman pemberitahuan untuk pengguna kami nanti,” tutur Fanny.

Seperti yang diketahui, aplikasi Line Today adalah layanan pengepul berita yang hadir dalam tab terpisah bernama “TODAY” pada aplikasi Line Messenger.

Pengguna Line semua bisa menelusuri dan membaca berbagai berita terkini yang berasal dari aneka situs berita yang ada di Indonesia pada layanan yang ditawarkan tersebut.

Dengan ditutupnya Line Today, maka pengguna setia Line akan otomatis tak bisa lagi membaca, menyimpan, menyukai, membagikan, atau bahkan memberikan komentar pada berita-berita yang terpajang di layanan tersebut.