Pesan WhatsApp Bisa di Edit Setelah Dikirim

Whatsapp adalah salah satu media berkirim pesan berupa aplikasi. Sudah banyak yang menggunakan aplikasi tersebut di dunia ini.

Selama ini, semua pesan yang telah dikirimkan melalui chat WhatsApp memang tidak bisa disunting lagi atau di hapus. Akan tetapi seiring adanya pembaruan, perusahaan dari Meta tersebut memberikan fitur baru yakni pesan yang dikirim bisa di tarik lagi.

Tapi, bagaimana supaya kita bisa mengubah apa yang telah kita kirimkan melalui jejaring tersebut? Yups, jadi WhatsApp sendiri menuai update kembali. Pesan yang dikirimkan bisa di edit.

So, buat kamu yang sering sekali typo bisa tertolong dengan fitur baru tersebut. Apalagi saat kita sedang serius chatting dengan bos atau rekan penting. Pastinya menginginkan kesempurnaan chat.

Fitur baru Whatsapp tersebut bernama tombol edit chat. Tombol edit memungkinkan pengguna bisa mengedit pesan yang sudah dikirim.

Seperti biasa, kabar ini terendus dari WABetaInfo, yakni sebuah situs yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

WABetaInfo mengungkapkan jika pihak Whatsapp tengah menyiapkan fitur “edit text message” untuk aplikasi WhatsApp di Android, iOS, juga desktop.

Diyakini jika fitur “edit text message” ini bakal hadir di pembaruan WhatsApp versi beta di masa mendatang.

Melalui sebuah tangkapan layar yang dibagikan, tombol edit chat nantinya bisa ditemukan dengan cara menekan (hold) chat yang ingin diedit. Lalu, klik ikon titik tiga yang nantinya pengguna bisa menemukan tombol edit bersama dengan tombil “info” dan “copy” chat.

Pada saat tombol edit diklik, tampaknya pesan berisi typo akan otomatis muncul di kolom chat. Nah, disitulah pengguna bisa memperbaiki typo atau kesalahan lainnya, serta menambahkan kata atau mengganti emoji.

WABetaInfo juga mengatakan bahwa kemungkinan fitur ini tidak akan menyertakan riwayat edit untuk melihat versi sebelumnya dari pesan yang sudah disunting.

Menurut WABetaInfo, WhatsApp sendiri sebenarnya telah berencana menghadirkan fitur tersebut sejak 2017, alias lima tahun lalu. Namun pengembangannya terhenti dengan alasan yang tidak diketahui. Sehingga pada tahun 2022 ini, bocoran fitur baru WhatsApp itu kembali muncul.

BACA JUGA  Cara Mengedit Foto di CapCut Bikin Gambar Aesthetic

Bisa dibilang Whatsapp ketinggalan menghadirkan tombol edit, dibandingkan dengan pesaingnya, yakni Telegram.

Sudah cukup lama diketahui jika kompetitor, yakni Telegram menyediakan tombol edit pesan sejak 2016 silamm. Berkat adanya fitur edit, pengguna Telegram bisa memperbaiki kesalahan ketik pada pesan yang ada di ruang obrolan grup atau perorangan. Tetap berguna meski pesan sudah dibaca oleh penerima pesan (anggota/admin grup).

Saat telah diperbaiki, pesan Telegram hasil editan akan dilabel dengan tulisan “edited” (telah diperbaiki).

Pengguna aplikasi Telegram hanya bisa menyunting pesan maksimal dalam dua hari atau 48 jam setelah pesan tersebut terkirim.