Aplikasi Menulis Novel Dibayar

Menulis novel memang bukanlah hobi setiap orang. Namun, tidak sedikit orang di dunia ini bermimpi tuk menjadi penulis novel. Kalau kalian bagaimana?

Jika kalian adalah termasuk seseorang dengan mimpi tersebut, dulu dan sekarang telah banyak berbeda. Dengan meningkatnya era digitalisasi seperti sekarang agaknya lebih mudah saat ini. Tahu gak kenapa?

Karena dulu tak banyak media penyalur, tapi sekarang kita semua bisa rasakan manfaat dari era digital. Salah satunya diperantarai oleh gadget. Tak di pungkiri sejak kehadiran teknologi seperti perangkat komputer, laptop dan hp pintar / smartphone kita lebih mudah menjangkau banyak circle.

Misalnya, browsing penerbit yang menerima naskah novel. Meskipun dengan langkah tersebut prosesnya memang cukup panjang. Ya, tak cukup sehari dua hari saja. Sedangkan untuk proses lainnya, ada beberapa aplikasi penyedia kegiatan tersebut.

 

Kalian bisa membuka Google Play Store atau App Store untuk mencari aplikasi menulis novel. Pasti ada banyak sekali yang bisa kamu coba. Tapi, tidak semuanya dibayar. Hobi memang tak selalu identik dengan dibayar. Namun jika dibayar, bukankah hal itu lebih bagus?

Nah, dibawah ini ada rekomendasi aplikasi menulis novel dibayar buat kalian yang seneng membuat naskah cerita.

Aplikasi Menulis Novel Dibayar

Wattpad

Rekomendasi aplikasi menulis novel dibayar yang satu ini cukup populer. Apalagi kalau bukan Wattpad. Kalian pasti sudah gak asing kan?

Jadi Wattpad telah menjadi platform yang memungkinkan para penggunanya untuk tak hanya membaca saja tetapi juga mengirim karya tulisan mereka dalam bentuk cerpen, novel, artikel, puisi dan lainnya. Beragam judul yang kalian temui disana mulai dari komedi, sedih, romantis, horor, action dan masih banyak lagi.

Bahkan yang menarik lagi, para sineas tak jarang melirik karya seseorang yang ada di Wattpad dan di anggap menarik. Dari sinilah kamu akan menuai pundi-pundi rupiah. Memang harus sabar!

BACA JUGA  Download Viu Mod Apk 2022, Akses Seluruh Film Bebas Iklan!

Joylada

Ternyata Wattpad bukan satu-satunya aplikasi menulis novel. Namun kalian masih bisa mencari sandaran mimpi menjadi penulis di aplikasi Joylada.

Buat akun di aplikasi ini dan ikuti semua petunjuk pembuatan akun mulai dari isi semua data yang diperlukan. Setelah itu kalian sudah bisa membaca novel ataupun membuat cerita di aplikasi tersebut dan mendapatkan uang.

NovelMe

Berikutnya ada NovelMe, aplikasi yang memungkinkan kalian menulis novel. Jadi aplikasi NovelMe ini bisa di unduh secara gratis, sayangnya sejak Juli 2019 lalu pihak NovelMe mulai mengunci koleksi novel favorit.

Untuk bisa membacanya, kalian harus membeli koin supaya bisa membaca bab novel yang berbayar atau istilah yang sering di dengar yakni versi premium.

Disamping itu aplikasi ini juga memberikan bayaran untuk penulis yang mengunggah karyanya disana.

Noveltoon

Di aplikasi Noveltoon ini kalian bisa mendapatkan bonus poin serta bingkai avatar. Poin yang di dapat dari aplikasi Noveltoon tersebut digunakan untuk membuka cerita-cerita premium. Bukan hanya siap memberikan hadiah untuk pembaca, Noveltoon juga berkemungkinan besar bisa memberikan uang untuk penulis.

Nantinya para penulis akan memperoleh pendapatan minimum apabila telah mencapai level 8-10 dan karya tersebut merupakan karya ongoing atau belum tamat. Wah! Sepertinya menarik nih!

Goodnovel

GoodNovel, dimana pada aplikasi ini para penulis novel baru diminta menyetor minimal 5.000 kata saat pengajuan kontrak. Besar kira-kiranya sejumlah 6 sampai 12 bab, tergantung per bab sepanjang berapa kata. Novel baru ini akan ditinjau terlebih dahulu oleh para editor in house.

Editor GoodNovel akan memantau secara berkala novel baru tersebut dan mengintip bab-bab selanjutnya jika penulis sudah dikontrak oleh Goodnovel. Editor juga akan membuat grup di-WhatsAap yang menampung para penulis lain untuk saling berkomunikasi dan sharing.

Dreame

Seperti sebuah mimpi yang nyata, aplikasi bernama Dreame adalah tempat untuk mengasah kemampuan mengarang. Untuk mendapat uang di aplikasi ini, kalian bisa mengumpulkan koin dengan cara menulis cerita. Kemudian cerita tersebut dikirim ke aplikasi Dreame.

BACA JUGA  Berubah Pikiran? Ini Syarat dan Cara Batalin Pesanan TikTok Shop

Akan tetapi ada beberapa syarat yang harus kalian perhatikan agar cerita karyamu bisa menghasilkan uang, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Minimal mempunyai viewers Wattpad minimal 100K. Untuk memudahkan kamu supaya bisa langsung tanda tangan kontrak dengan pihak Dreame.
  • Tahap seleksi naskah jika kamu tidak mempunyai viewers. Proses ini biasanya akan berlangsung sekitar 1 sampai 2 bulan.
  • Telah mengumpulkan Love atau Like. Di Dreame ini akan ada tombol love. So, kalian harus mengumpulkan orang-orang untuk membaca ceritamu. Dengan banyaknya pembaca yang menyukai cerita kalian atau memasukkannya ke dalam library mereka, maka kalian juga mempunyai kesempatan untuk mendapatkan koin.

Storial

Apalagi sih aplikasi menulis novel dibayar? Coba aja Storial. Disini kamu bisa mencari royalti dengan minimal 500 pembaca. Untuk mengirim tulisan yang akan dipublikasikan, kalian cukup melakukan register dan mengikuti petunjuk yang ada.

Kemudian untuk mendapatkan uang, terdapat fitur seperti Storial Premium Chapter atau monetisasi dan Storial Wallet atau disebut dengan dompet digital. Dengan Storial Wallet tersebut, pembaca dengan mudah bisa mengatur uang digital (Storial Coin) yang digunakan untuk membaca tulisan berbayar. Koin inilah yang nantinya akan menjadi royalti buat kalian sebagai penulis.