Aplikasi Ujian Online Berbasis Android

Banyak sekali aplikasi yang membantu pembelajaran sekolah di iOS maupun Android. Tentu saja aplikasi semacam itu sangat memudahkan belajar yang modern, sehingga menyenangkan.

Nah, juga termasuk aplikasi ujian online berbasis Android yang bisa juga kamu temukan di Play Store. Jadi, demi terciptanya pembelajaran yang nyaman diera sekarang ini, digitalisasi menjadi solusi yang paling tepat yakni dengan memanfaatkan aplikasi ujian online. Bahkan Guru hingga Dosen kini pun dituntut untuk bisa menguasai aplikasi pembelajaran online.

Sebab, sejak maraknya pandemi covid-19 hampir semua kegiatan belajar di sekolah maupun perguruan tinggi dilakukan dirumah. Sehingga kegiatan belajar online pun sudah menjadi kebiasaan, bukan hal baru lagi.

Berbicara soal ujian online, saat ini banyak rekomendasi aplikasi ujian online gratis maupun berbayar dengan berbagai fitur menarik agar proses belajar menyenangkan. Namun sayangnya kebanyakan pengajar belum memahami bagaimana cara menggunakannya, malahan ada beberapa yang rela ikut diklat agar bisa menggunakan aplikasi ujian online.

Rekomendasi aplikasi ujian online berbasis android ini bisa diterapkan karena berbeda dengan aplikasi pembelajaran online/video conference yang biasa digunakan oleh para pelajar dan mahasiswa seperti Zoom, Skype, Google Meet, Cisco Webex, dan sejenisnya.

Terlepas dari pembahasan aplikasi ujian online, langsung saja pada poin-poinnya. Berikut ini akan disampaikan sedikitnya 10 aplikasi ujian online yang berbasis android. Kamu bisa mencari aplikasi-aplikasi yang disebutkan ini di Play Store. Tapi yang perlu diingat, aplikasi tersebut ada yang gratis dan versi berbayar.

10 Aplikasi Ujian Online Terbaik Berbasis Android

  1. Google Form

Rekomendasi aplikasi ujian online pertama gratis adalah Google Form. Menurut kebanyakan orang, Google Form menjadi aplikasi ujian online terbaik karena berbagai alasan, diantaranya pengguna bisa langsung terhubung dengan aplikasi pembelajaran online milik Google yaitu Google Classroom.

Aplikasi ini gratis! Kamu bebas menggunakanya, so tinggal sesuaikan saja untuk membuat materi soal ujian onlinenya. Ini merupakan juga aplikasi ujian daring dari Google yang bisa digunakan untuk membuat soal berbentuk pilihan ganda (multiple choice), essay panjang dan pendek.

Disamping itu aplikasi Google Form bisa kamu gunakan untuk membuat survey dan angket untuk mengetahui seberapa efektif materi yang disampaikan.

  1. ProProfs

ProProfs menjadi aplikasi ujian online yang di rekomendasikan berikutnya. Di aplikasi ini ada satu fitur yang menarik, jadi setelah siswa mengerjakan soal ujian online para siswa akan mendapatkan hasil pekerjaan dalam bentuk sertifikat/piagam dengan skor yang dicapainya. Sehingga ini akan membuat siswa menjadi semangat untuk belajar.

BACA JUGA  Google Luncurkan Aplikasi Pindah Data dari iPhone ke Android

Sayangnya untuk versi gratis hanya bisa digunakan maksimal 10 siswa saja, jika lebih dari itu kamu diharuskan upgrade ke versi premium alias berbayar.

  1. Quizizz

Tak kalah menarik, Quizizz menawarkan fitur yang ciamik. Sehingga aplikasi ini patut untuk dicoba. Tampilan yang di usung Quizizz lebih berwarna, mengusung konsep animasi-animasi sehingga penggunanya (siswa) tidak akan mudah bosan. Di aplikasi ini juga anda bisa menambahkan background musik sehingga membuat ujian lebih menarik, enjoy dan bisa berkonsentrasi.

Apabila kamu malas membuat soal, tenang saja! Karena Quizizz sudah menyediakan bank soal yang diambil dari pengguna lain, jadi tinggal mencari materi yang sesuai saja. Di Quizizz ini terdapat fitur tes online yang bisa dilakukan secara realtime kemudian langsung ditutup atau memberi tenggang waktu untuk mengerjakannya.

  1. Quia Web

Berikutnya ada aplikasi Quia Web yang menyediakan kelas untuk ujian online gratis selama 30 hari. Tersedia fitur 16 tipe aktivitas pembelajaran serta 10 jenis tipe kuis yang bisa kamu pilih. Bahkan disini juga ada dukungan fitur kalender online, upload gambar, video dan juga klip suara untuk membuat ujian online lebih menarik dan easy do it.

  1. Testmoz

Jika kamu pernah mendengar atau melihat aplikasi Testmoz, sepertinya perlu kamu kulik lagi. Mengapa? Karena aplikasi ini memudahkan dalam ujian online. Testmoz adalah aplikasi ujian online rekomendasi selanjutnya, mempunyai desain antarmuka yang simpel sehingga mudah digunakan.

Untuk pengguna yang ingin menikmati versi gratisnya bisa digunakan sebanyak 50 siswa sekaligus. So masih bisa mengakomodir untuk siswa dalam satu kelas. Adapun fitur-fitur menarik yang dimiliki Testmoz diantaranya sebagai berikut:

  • Soal mencocokan jawaban.
  • Soal pilihan ganda.
  • Soal esai.
  • Soal benar/salah.
  • Bank soal yang lengkap.
  • Fitur upload gambar.
  • Fitur survei siswa.
  • Fitur manajemen soal yang mudah tinggal drag dan drop saja.
  • Fitur upload file.
  • Fitur penyematan video.
  • Bandwidth yang rendah.
  • Ramah untuk pengguna desktop dan mobile.
  1. QuizStar

Lalu, rekomendasi ke 6 aplikasi ujian online berbasis android adalah QuizStar. Kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut di Play Store secara gratis. Kamu bisa menjalankan aplikasi ini via website dengan fitur menariknya pembuatan soal, fitur soal dalam bentuk multimedia, administrasi, penilaian otomatis dan masih banyak lagi.

BACA JUGA  Link Download Screen Mirror App, Sharing Layar HP Android Ke TV

Kamu bisa menikmati aplikasi QuizStar ini dengan berlama-lama, karena benar-benar gratis. Jadi, belajar tetap tenang dan kondusif dengan aplikasi ini.

  1. ThatQuiz

Kamu juga bisa cukup tinggal menggunakan saja, karena soal sudah disediakan. Apalagi kalau bukan aplikasi ThatQuiz. Hanya saja yang disayangkan pada aplikasi ini, materi soalnya sangat terbatas pada test matematika (integer, pecahan, konsep dan geometri). Lalu kosa kata bahasa (bahasa Inggris, Spanyol, Prancis dan Jerman), materi Geografi (benua Amerika, Afrika, Eropa dan Asia) dan Ilmu Sains.

Terdapat dua tipe soal yang bisa dikerjakan pada aplikasi ThatQuiz yaitu pilihan ganda dan essai.

  1. Edbase

Edbase mempunyai slogan “cara termudah untuk membuat ujian online”, lalu semudah apa sih cara membuatnya?

Jadi aplikasi Edbase merupakan perangkat terbaik untuk membuat ujian online bagi para guru, sekolah dan juga perusahaan. Tampilan antar muka yang dimilikinya pun sangat menarik sehingga memberikan persentase 55% waktu luang untuk menjawab pertanyaan.

Bahkan hanya di aplikasi ini sistem ujiannya menarik, bisa menggunakan multimedia dan grafis sehingga lebih interaktif.

  1. Virtualx

Kesembilan, ada rekomendasi aplikasi ujian online dari Virtualx. Aplikasi ini tidak bisa di gunakan secara gratis seperti aplikasi lainnya.

Virtualx menjadi salah satu pilihan untuk membuat ujian online atau pekerjaan rumah bagi para siswa di sekolah. Hanya butuh tiga langkah saja untuk menggunakannya, yakni mendaftar, setting dan meluncurkan soal ujian.

  1. TCExam

Aplikasi yang satu ini memang bersifat open source, jadi kamu bisa menggunakan TCExam ini dengan gratis. Tetapi aplikasi ini tak bisa kamu gunakan secara langsung, melainkan install sendiri pada server hosting yang dimiliki.

Nantinya kamu akan diberikan file dari GitHub dengan panduan instalasi. Sebelumnya pastikan kamu sudah memiliki layanan hosting yang kuat atau VPS Server sehingga tidak bermasalah saat melakukan ujian online.