Cara Bikin Tulisan Arab di WhatsApp untuk Ucapan Hari Raya 2022!

Sebulan sudah kita umat muslim melewati hari dengan ibadah puasa ramadhan. Menuju di hari kemenangan ini, kita semua tentu ingin berbagi kebahagiaan dengan sanak saudara.

Hari Raya Idul Fitri 2022 sudah tiba, tentu saja momen seperti ini yang paling di tunggu-tunggu. Bagi mereka yang berada di perantauan, pulang kampung adalah impiannya. Kenyataannya, mudik memang tak seratus persen berjalan seperti yang di bayangkan. Pasalnya, ada beberapa alasan yang tidak semua orang harus tahu.

Adapun alasan tersebut semisal, tuntutan loyalitas kerja, himpitan biaya dan lain sebagainya. Tapi kini di era digital, kita semua bisa berkomunikasi dan silaturahmu di hari yang fitri. Bagaimana mungkin?

WhatsApp adalah jawaban yang pas, beberapa fiturnya seperti Video Call, Voice Note, Chatting tentu sedikit mengobati rindu dengan orang-orang kesayangan. Apalagi, aplikasi tersebut mempunyai fitur yang mungkin jarang di pakai atau tak terfikirkan sebelumnya. Ya, fitur tulisan arab terbaru yang bisa kamu coba.

Dalam membuat tulisan Arab di WhatsApp terkadang memang diperlukan pengguna untuk berbagai kepentingan tertentu. Misalnya adalah “Assalamu’alaikum”, “Bismillah”, “Alhamdulillah” dan masih banyak lagi termasuk untuk memberikan ucapan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022”.

Kebanyakan pengguna Whatsapp saling bertegur sapa melalui aplikasi ini untuk mengirim “Taqobballahuminna wa minkum, taqobbal ya Kariim”.

Jenis huruf dan bahasa di keyboard WhatsApp secara default akan menyesuaikan pengaturan dari ponsel. Tetapi, pengguna tentu tetap bisa mengubah settingan bahasa ke berbagai bahasa lainnya termasuk bahasa Arab. Jadi, keyboard dengan setting bahasa Arab inilah yang bisa digunakan untuk membuat font atau tulisan Arab di WhatsApp.

Namun disamping itu semua kamu juga bisa menggunakan cara lain untuk membuat tulisan Arab. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Aplikasi Gboard

  • Pertama, unduh aplikasi Gboard di Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  • Masuk ke menu “Pengaturan” atau “Setting” pada ponsel anda dengan menggunakan Gboard. Caranya yakni, klik Setting > Additional settings > pilih “Languages & input” > Current keyboard > pilih “Gboard”.
  • Masuk ke aplikasi WhatsApp, klik di papan ketik hingga memunculkan keyboard. Lalu, klik “Setting” yang ditandai dengan ikon gerigi.
  • Pilih “Languages” > klik “Add keyboard”, lalu ketik “Arabic” pada kolom pencarian.
BACA JUGA  Cara Bikin Status di DM IG atau Note

Nah, nantinya akan muncul bahasa Arab dari berbagai negara. Pilihlah yang kamu inginkan. Selanjutnya kembali ke papan ketik dan tekan bagian spasi beberapa saat hingga muncul beberapa pilihan bahasa yang telah kamu tambahkan

  • Pilih “Arabic”

So, keyboard WhatsApp kamu telah diubah dengan huruf-huruf Arab. Kamu bisa mengetikkan berbagai kata atau kalimat dengan menggunakan huruf Arab. Tips ini dilakukan pada smartphone Android Redmi Note 7 dan bisa jadi tata letak menu dan fitur di ponsel Android lain atau iPhone berbeda.

  1. Menggunakan Google Translate

Kamu juga bisa menggunakan Google Translate, agar kamu tak perlu repot mengunduh aplikasi di Play Store atau AppStore. Ikuti langkah berikut ini:

  • Silakan kunjungi aplikasi atau laman Google Translate.
  • Ubah bahasa dari “Indonesia” ke “Arab”.
  • Lalu, tulislah kalimat atau kata dengan menggunakan tulisan bahasa Indonesia. Semisal saja kamu ingin menulis “Assalamulaikum” atau “Marhaban ya Ramadhan” menggunakan bahasa Arab. Maka tulis kedua kata tersebut di bagian kolom terjemahan bahasa “Indonesia”.
  • Nantinya secara otomatis kata akan diterjemahkan ke dalam tulisan bahasa Arab.
  • Salin terjemahan tersebut dengan cara klik ikon kotak yang ada di pojok kiri terjemahan Arab.
  • Kemudian tempelkan ke kolom ketik WhatsApp dan kirim ke pengguna WhatsApp yang lainnya.
  1. Tanpa Aplikasi Tambahan

Tidak harus menggunakan aplikasi jika kamu ingin menulis kata dengan tulisan Arab. Kamu hanya perlu mengubah pengaturan bahasa di smartphone ke bahasa Arab. Akan tetapi perlu diperhatikan untuk menggunakan cara ini pastikan bahwa kamu cukup mengerti dan paham tata letak menu atau fitur ponsel setelah diubah menjadi bahasa Arab.

Pasalnya hal ini karena setelah mengubah bahasa default ponsel menjadi bahasa Arab, maka bukan hanya mengubah keyboard WhatsApp, melainkan juga seluruh fitur dan menu juga diubah dengan tulisan Arab. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk ke menu pengaturan ponsel.
  • Pilih menu “Additional settings”.
  • Klik “Language & input”.
  • Pilih “Language”.
  • Pilih bahasa Arab.

Langlah ini dilakukan pada smartphone Android Redmi Note 7 dan bisa jadi untuk tata letak menu serta fitur di ponsel Android lain atau iPhone berbeda. Itulah beberaap cara untuk membuat tulisa Arab di WhatsApp. Semoga membantu.