Rekomendasi 3 Aplikasi Buat Mantau Kemacetan Mudik Lebaran 2022

Nampaknya sudah menjadi rahasia umum, masyarakat Indonesia melakukan perjalanan pulang pergi atau pulang kampung saat lebaran tiba. Inilah yang disebut dengan mudik, mengingat lebaran 2022 kurang sebentar lagi.

Ya, hari raya idul fitri 2022 memang tinggal menghitung hari. Perjalanan menjalani ibadah puasa dan sholat tarawih berjamaah telah dilakukan selama hampir 20 hari. Pastinya semua persiapan sudah mulai di tata mulai dari membersihkan rumah dari awang-awang, mengecat, menyiapkan pascel lebaran, kue, dan masih bayak lagi.

Tak lupa, lebaran identik dengan mudik yang bisa dibilang pada tahun ini tidak seketat tahun lalu. Tentu saja, wabah covid tahun kemarin memang sangat gencar sehingga memaksa pemerintah harus menerapkan aturan guna mengurangi penyebaran. Mungkin kamu salah satu yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman jelang lebaran. Berikut ini ada rekomendasi aplikasi buat mantau kemacetan mudik lebaran 2022.

Aplikasi untuk Memantau Kemacetan Jelang Mudik Lebaran 2022

  1. Google Maps

Bukan hal asing lagi, Google adalah nama yang hampir setiap hari di ucapkan. Kita semua tahu bahwa perusahaan asal Amerika tersebut bukan hal kecil lagi. Mulai dari sistem operasi Android, Chrome, Play Store dan beberapa lainnya adalah punya Google. Satu lagi yang setiap hari digunakan orang-orang adalah Google Maps.

Sejak ada Google Maps, kemudahan dalam menempuh perjalanan makin dirasakan. Ini sangat membantu sekali bagi mereka yang tidak tahu arah, dan sekaligus bisa memantau jalan mana yang sedang macet.

Jadi di dalam aplikasi google maps kita tahu ada lebih dari satu warna jalan. Ternyata, warna-warna tersebut mengartikan kepadatan jalan saat itu. Jadi, kamu bisa juga nih menggunakan peta online milik Google ini guna memantau situasi jalanan jelang mudik lebaran untuk menghindari kemacetan.

Terdapat tiga warna jalan yang menunjukkan kondisi lalu lintas, mulai dari warna merah, kuning, dan hijau. Merah artinya terlalu macet, kuning untuk menunjukkan kondisi lalu lintas cukup macet, tapi masih terdapat jarak antar kendaraan. Sementara jalan yang berwarna hijau, artinya kondisi lalu lintas lancar, tidak ada hambatan atau tidak terjadi kemacetan.

  1. Waze

Selain Google Maps, aplikasi untuk melihat kemacetan lalu lintas yang berikutnya yakni Waze. Waze memiliki fitur utama yang mirip dengan Google Maps, yakni peta dan navigasi. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang bisa menampilkan kondisi lalu lintas di ruas-ruas jalan. Adapun untuk kondisi lalu lintas di jalan pada aplikasi Waze tersebut ditandai dengan tiga warna, yakni jalan warna merah, kuning, dan abu-abu. Jalan warna merah artinya terjadi kemacetan yang teramat sangat, lalu warna kuning menandakan kondisi lalu lintas cukup macet tetapi masih ada celah. Sementara jalan warna abu-abu artinya kondisi lalu lintas lancar atau tidak terjadi kemacetan. Kamu bisa mengunduh aplikasi Waze ini secara gratis di Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

BACA JUGA  Bikin Akun Telegram Tanpa Nomer HP Bisa Pakai Cara Ini

Untuk cara melihat kondisi jalan macet di aplikasi Waze juga cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka aplikasinya di ponsel, tunggu beberapa saat dan kondisi lalu lintas bakal langsung muncul. Mudah kan?

  1. Travoy

Lain dengan kedua aplikasi dinatas, Travoy merupakan aplikasi yang menyediakan fitur peta saja dan tidak dilengkapi dengan navigasi atau penunjuk arah. Bahkan Travoy juga tidak bisa dipakai untuk melihat kondisi lalu lintas di semua ruas jalan. Meski begitu aplikasi yang dikelola oleh perusahaan Jasa Marga ini mengusung fitur untuk melihat kondisi kemacetan jalan secara live atau langsung, pada ruas jalan tol di wilayah pulau Jawa.

Fitur dari aplikasi tersebut sangat dimungkinkan karena terdapat kamera CCTV milik Jasa Marga yang terpasang di sejumlah titik pada ruas jalan tol. So, kamu bisa melihat siaran CCTV tersebut secara langsung melalui aplikasi Travoy untuk memantau kondisi lalu lintas di jalan tol. Aplikasi ini bisa diunduh lewat Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone) secara gratis.

Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Cara melihat kondisi jalan live di Travoy bisa dilakukan dengan memilih opsi menu “Maps” yang tertera di halaman awal. Kemudian peta akan terbuka, lalu klik ikon kamera CCTV yang muncul di ruas jalan tol. Tunggulah beberapa saat sampai aplikasi menampilkan siaran CCTV. Kini, kamu bisa melihat kondisi lalu lintas terkini di jalan tol melalui aplikasi Travoy.