Google Luncurkan Aplikasi Pindah Data dari iPhone ke Android

Tanpa memberi aba-aba, Google diam-diam meluncurkan aplikasi pindah data “Switch to Android” di sejumlah wilayah pasar, termasuk Amerika Serikat.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna iPhone (iOS) ketika ingin mimindahkan datanya ke ponsel berbasis sistem operasi (OS) Android. Sehingga para pengguna iPhone bisa dengan mudah memindahkan data mereka seperti kontak, foto, kalender, sampai dengan video ke ponsel Android barunya secara langsung dengan aplikasi tersebut.

Mengutip Kompas Tekno, menurut laporan outlet media TechCrunch. Meskipun sudah diluncurkan, akan tetapi aplikasi “Switch to Android” ini masih belum bisa ditemukan bila dicari di toko aplikasi, baik Apple App Store atau dicari melalui pencarian Google. Untuk saat ini pengguna iPhone di sejumlah negara baru bisa meng-install aplikasi “Switch to Android” tersebut melalui tautan URL yang spesifik berikut ini.

Apabila coba diklik, pengguna iPhone di Indonesia sudah bisa meng-install aplikasi “Switch to Android” tersebut. Informasi tentang aplikasi pindah data iPhone ke Android juga di uraikan sedikit melalui deskripsi aplikasi Switch to Android di AppStore.

“Aplikasi Beralih ke Android dari Google membantu Anda dengan cepat dan aman memindahkan jenis data terpenting Anda – foto, video, kontak, dan acara kalender — ke perangkat Android baru tanpa kabel yang merepotkan,” tulis deskripsi.

Apabila sudah diunduh, aplikasi itu akan meminta serangkaian izin sehingga data iPhone pengguna bisa dipindahkan ke perangkat Android baru. Kemudian pengguna iPhone tinggal memindai kode QR yang ada di perangkat Android barunya. Lalu setelahnya, pengguna tinggal mengikuti langkah-langkahnya seperti yang dikutip dari laman Kompas Tekno, Senin (18/4/2022).

Dengan aplikasi tersebut, kemudahan sudah tampak di depan mata mulai dari memilih data apa saja yang akan dipindahkan dari iPhone ke Android. Pengguna nantinya juga akan dimintai untuk menonaktifkan aplikasi perpesanan instan bawaan iPhone, yakni iMessage.

Sebelumnya, jika ingin berpindah ke perangkat Android, pengguna iPhone harus mengunduh aplikasi migrasi dari pihak ketiga. Dengan kata lain, atau secara manual melakukan pencadangan (backup) data iPhone ke Google Drive, lalu diunduh secara manual di ponsel Android yang baru.

BACA JUGA  Harga iPhone 14 Semakin Mahal

Nah, dengan adanya aplikasi “Switch to Android” ini maka pengguna tak perlu lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga (APK) atau mengunduh data dari Google Drive.

Sejatinya, Google sendiri dinilai terbilang terlambat dalam menghadirkan aplikasi migrasi data dari iPhone ke Android. Bagaimana tidak, pasalnya Apple yang merupakan pengembang OS iOS sudah lama menghadirkan aplikasi serupa bernama Move to iOS.

Jadi, aplikasi migrasi dari ponsel Android ke iOS itu sebenarnya sudah ada di Google Play Store sejak September 2015, atau kurang lebih enam tahun lalu.