Mengenal Arti Setiap Warna Jalan di Google Maps

Di era teknologi yang serba baru dan canggih, kehadiran Google Maps sangat mendukung sekali. Apalagi kalau bukan untuk menunjukkan rute tujuan? Ya, benar sekali bahwa aplikasi tersebut adalah peta digital penunjuk lokasi.

Sekarang ini hampir semua orang di dunia telah memanfaatkan aplikasi peta digital buatan Google tersebut. Mulai dari fitur-fiturnya yang cukup menarik, bisa kita manfaatkan dengan mudah. Di google maps kita bisa mencari lokasi tujuan, hanya dengan menuliskan nama tempat yang kamu kunjungi. Sebagai contoh, kamu akan mengunjungi sebuah cafe A, cukup ketik di kolom menu “Lokasi Tujuan” dengan nama “Cafe A”.

Nantinya secara otomatis panduan google maps akan berbunyi mulai dari arah-arahnya. Akan tetapi, pastinya untuk nama sebuah tempat seperti cafe, mini bar, rumah makan, atau tempat lain yang notabene sifatnya masih baru atau tergolong kecil harus menyesuaikan apakah sudah di daftarkan di peta online tersebut atau belum. Jika belum, maka kamu harus tetap mencari lokasi berdasarkan daerah hingga jalan.

Kurang lebihnya seperti itu kegunaan aplikasi google maps. Tapi, hingga sejauh ini masih banyak yang tidak mengerti apa saja arti warna jalan yang ada di dalamnya.

Jadi, kali ini kamu akan mengerti yang sebenarnya arti jalan dalam google maps untuk setiap warnanya. Kurang lebih ada lima warna jalan di peta google mulai dari jalan biru, hijau, abu-abu, kuning, hingga merah. Pantas saja kamu bingung.

Perlu kamu ketahui bahwa kelima warna tersebut merupakan simbol untuk menandakan kondisi lalu lintas di jalan. Selama ini mungkin banyak bertanya-tanya tetapi tidak memikirkannya terlalu dalam, dan mengartikan kondisi jalan yang di maksud adalah posisi lancar atau sepi, macet ataupun normal.

Agar kamu lebih paham, berikut penjelasan arti warna jalan di Google Maps, sebagaimana dilansir dari Kompas Tekno, Jum’at (15/4/2022) dari halaman dukungan resmi Google.

  1. Arti Jalan Warna Hijau

Jalan warna hijau di Google Maps membawa arti jika kondisi lalu lintasnya tidak terdapat kemacetan atau hambat. Dengan kata lain, maka lalu lintas tersebut berjalan lancar. Pada arti warna jalan ini, kendaraan diindikasi bisa melaju dengan kecepatan sekitar 80 kilometer per jam (Kpj).

  1. Arti Jalan Warna Kuning

Lain warna hijau maka lain pula untuk warna kucing, dimana warna tersebut pada Google Maps mempunyai arti bahwa terdapat kondisi lalu lintas yang cukup padat, akan tetapi masih ada jarak antar kendaraan yang melintas. Di jalan warna ini, kendaraan diindikasikan bisa melaju dengan kecepatan sekitar 40-80 Kpj.

  1. Arti Jalan Warna Merah

Kemudian untuk jalan berwarna merah pada peta google membawa arti bahwa terdapat kondisi lalu lintas yang padat, jarak antar kendaraan berhimpitan dan lajunya pun cukup macet. Dengan kata lain semakin gelap warna merah yang muncul di Google Maps, maka akan semakin lambat kecepatan kendaraan di jalan tersebut.

  1. Arti Jalan Warna Biru

Lalu bagaimana dengan warna biru? arti jalan warna biru adalah jalur atau rute yang kamu pilih untuk menuju ke lokasi tertentu, saat memulai navigasi. Jalan warna biru umumnya juga menjadi penanda rute tercepat untuk sampai ke lokasi tujuan.

  1. Arti Jalan Warna Abu-Abu

Kelima, kamu akan mengenal arti jalan warna abu-abu di Google Maps. Jadj warna ini dimaksudkan bahwa jalur atau rute alternatif yang bisa kamu pilih untuk menuju ke lokasi tertentu, saat memulai navigasi. Google Maps biasanya memberikan pilihan jalur lain yang bisa kamu tempuh di samping rute tercepat.

BACA JUGA  Download Mokoroom Mod Apk Unlock All Features, No Ads

So, kamu juga perlu tahu bahwa warna jalan biru dan abu-abu hanya akan muncul saat kamu telah mengatur Google Maps untuk menunjukkan arah ke lokasi tujuan.

Sedangkan tiga warna jalan lainnya, bisa di langsung dilihat tanpa harus mengatur navigasi terlebih dahulu. Adapun caranya yakni dengan ketuk ikon persegi di aplikasi Google Maps, lalu pilih opsi jenis peta kondisi lalu lintas.

Apakah semua ini sudah menjawab rasa penasaranmu? Jadi itulah arti kelima warna jalan yang membuat bertanya-tanya.