Chat Nomor Tak Dikenal di WhatsApp Nantinya Tak Pakai Link Lagi

Sudah cukup lama dikenal jutaan  orang di dunia, WhatsApp merupakan aplikasi messaging yang populer dan banyak digunakan hampir semua orang. Fitur-fiturnya memang banyak dan menarik, tetapi aplikasi milik Meta tersebut belum memiliki salah satu fitur penting yaitu memulai chat dengan nomor telepon yang tidak tersimpan di kontak.

Namun untungnya pihak WhatsApp sendiri sedang mengembangkan solusi pada masalah ini. Seperti yang di laporkan WABetaInfo, perusahaan Whatsapp tersebut sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan nomor yang belum disimpan di kontak.

Tetapi untuk saat ini fitur tersebut masih ditemukan di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.8.1. Menurut keterangan laporan dari WABetaInfo, opsi tersebut telah digulirkan untuk beberapa beta tester tetapi masih belum tersedia untuk semua pengguna. Mengacu pada hasil screenshot yang diunggah oleh WABetaInfo, jika pengguna mengetuk nomor yang ada di pesan WhatsApp maka akan muncul menu pop-up. Apabila nomor tersebut terhubung dengan akun WhatsApp, bakal ada tiga opsi yang muncul seperti memulai chat, menelepon, atau menambahkan nomor ke kontak.

Bilamana ternyata nomor tersebut tidak tersedia di WhatsApp, hanya ada dua opsi yang muncul yakni menelepon nomor yang belum disimpan lewat aplikasi telepon atau menambahkan nomor ke kontak, demikian dikutip dari Android Authority, Rabu (6/4/2022).

Perubahan ini bukan inovasi kecil, namun merupakan perubahan besar yang pasti sangat membantu para pengguna. Saat ini, jika pengguna menerima pesan berisi nomor telepon yang belum disimpan sebelumnya dan anda ingin menghubunginya, maka WhatsApp akan mengarahkan pengguna ke aplikasi telepon default di ponsel.

Lantaran solusi ini masih terbilang kurang sempurna, karena membutuhkan orang lain untuk mengirimkan nomor tersebut ke pengguna, atau pengguna mengirimkan nomor yang belum disimpan di kontak lain. Karena telah memasuki fase uji coba beta, aplikasi WhatsApp sepertinya akan meluncurkan fitur ini secara publik dalam waktu dekat. Namun jika kalian sudah tidak sabar dan belum menerima update tersebut, maka ada jalan pintas yang bisa digunakan untuk menghubungi nomor yang belum disimpan lewat WhatsApp.

BACA JUGA  Hati-Hati, Lakukan Ini Akun WhatsApp Kamu Bisa Terblokir Selamanya

Adapun caranya adalah dengan membuka browser di HP atau desktop lalu ketik wa.me/. Kemudian diikuti dengan kode negara dan nomor telepon tanpa tanda + di depannya. Sebagai contoh, wa.me/62123456789. Setelah menekan tombol Enter, browser akan otomatis membuka WhatsApp untuk memulai chat baru dengan nomor tersebut.