fbpx
Windows 10

Setelah 20 Tahun, Menu Klik Kanan Windows Dapat Penyegaran

Setelah lamanya menunggu, akhirnya Windows memberikan penyegaran pada menu klik kanan usai 20 tahun yang hanya itu dan itu saja. Kini pengguna bisa merasakan kesegaran yang diberikan pada software tersebut, sehingga ada kemungkinan pembaharuan fungsinya. Microsoft sendiri mengerjakan secara bertahap untuk menggulirkan sistem operasi pada Windows 11 untuk pengguna mulai 5 Oktober 2021 lalu. Pengerjaan ini dilakukan pada pengguna yang mempunyai perangkat kompatibel. Adapun perubahan yang dibawa Windows 11 yakni antarmuka atau User Interface (UI) yang dilakukan perombakan besar-besaran. Misalnya yakni menu start dan baris taskbar yang kini berada di tengah mirip antarmuka di macOS dari Apple.

Bukan hanya untuk bagian itu, pihak Microsoft akhirnya memberikan perombakan juga pada tampilan serta fitur “klik kanan” atau context menu di Windows 11 setelah 20 tahun seperti yang sudah disampaikan di atas. Menu “klik kanan” sendiri merupakan cara untuk membuka jalan pintas dalam mengakses berbagai menu pada sebuah file maupun folder mulai dari opsi open, dekete, edit, print, dsb. Pengguna akan melihat tampilan “klik kanan” lebih menarik dan minimalis, lebih segar dibandingkan dari Windows 10.

Icon fungsional nampaknya menjadi pilihan Microsoft agar tampilan menu “klik kanan” lebih sederhana. Hal itu dapat dilakukan dengan ikon menyalin atau (copy) sampai penghapusan (delete). Windows 10 yang sebelumnya menampilkan semua opsi menu dalam satu jendela penuh yakni mulai dari opsi membuka file (open), editprint, mengubah nama (rename), menyalin (copy), sampai dengan membuka properties. Versi menu klik kanan yang sebelumnya memang lebih padat karena memberikan tampilan sekaligus.

Sedangkan untuk Windows 11, Microsoft memang ingin memberikan penyegaran tampilan pada opsi klik kanan. Salah satu langkah untuk merubah opsi yang biasa di gunakan pengguna yakni copy, cut, delete, share, dan rename yang akan menjadi sebuh ikon. Sementara ikon-ikon tersebut ditampilkan pada bagian atas jendela agar lebih mudah untuk di akses. Tentu saja ini merupakan perubahan cukup besar. Sehingga pengguna tak perlu lagi repot menelusuri deretan menu klik kanan terlalu banyak, padahal mungkin hanya ingin menyalin atau mengedit saja.

BACA JUGA  Pengertian, Cara Kerja dan Manfaat API Sanbox BRIAPI

Pengguna tidak perlu khawatir, meskipun diberikan perombakan seperti ini mereka tidak akan kehilangan opsi menu yang sebelumnya sudah hadir di menu “klik kanan” Windows 10, sebagaimana yang dikutip dari Kompas Tekno Selasa, (23/11/2021).

Selebihnya, pengguna masih bisa menampilkan menu pada versi Windows 10 yakni dengan cara menekan tombol “Show More Option”. Nantinya saat di klik pengguna akan melihat jendela opsi menu klik kanan yang sama persis dengan yang ada pada Windows 10.

Diharapkan pembaruan tersebut lebih membuat pengguna nyaman saat ingin mengcopy, menempelkan, mengedit, atau menghapus dengan cukup simple yang tak perlu ditampilkan semua menu.