Teh Hijau Baik Untuk Diet, Tapi Jangan di Waktu Ini Melakukannya

Selain kecantikan, wanita juga identik dalam menjaga berat badan agar stabil. Pola makan yang terkadang menyulitkan diri mereka sendiri tak bukan hanya karena keinginannya untuk diet. Pasalnya, dengan melakukan diet, berpenampilan apapun lebih banyak cocoknya dan dalam memilih baju tidak lebih dari size XL. Sayangnya kadangkala seseorang justru salah jalur,  bagaimana bisa?

Tentu, karena diet yang sebenarnya ada aturannya agar kesehatan tubuh lain tetap terjaga. Jadi, bagi anda yang tengah menjalani program diet, bukan berarti anda tidak makan seharian, tetapi justru nutrisi tubuh di dapat dari sebuah makanan. Bahkan jika anda tidak makan, maka energi pun tidak ada sehingga anda tidak bisa melakukan aktivitas secara maksimal dan jatuhnya malah sakit. Kalau sudah begini apa yang harus dilakukan? Ini adalah cara yang salah.

Diet yang benar adalah tetap memenuhi kebutuhan gizi disamping menjalani olahraga teratur. Selain mengonsumsi air putih dan buah-buahan, ternyata manfaat Teh Hijau sangat besar dalam program diet. Mungkin beberapa dari anda masih kurang paham bagaimana cara minum teh hijau untuk diet yang benar. Bahkan ada waktu yang terburuk, tidak sesuai dengan cara minum teh hijau untuk diet yang tepat. Buat anda yang ingin tahu cara minum teh hijau dengan benar untuk program diet, berikut ini bisa anda simak.

Manfaat Teh Hijau untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Sebelum jauh mengulas tentang bagaimana cara minum teh hijau untuk diet yang tepat, pahami dulu mengenai teh hijau itu sendiri buat menurunkan berat badan. Beberapa penelitian telah menunjukkan jika flavonoid dan kafein di dalam teh hijau mampu membantu meningkatkan tingkat metabolisme, meningkatkan oksidasi lemak, dan bahkan meningkatkan aktivitas insulin.

Dalam suatu studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau kehilangan rata-rata 2,9 pon selama periode 12 minggu sambil tetap berpegang pada diet reguler mereka. Sementara manfaat penurunan berat badan sendiri cukup bervariasi. Rata-rata para pelaku diet minum sedikitnya 2,5 cangkir teh hijau per harinya.

BACA JUGA  Ronaldo Selebrasi Siuuu Depan Muka Messi Setelah Jebol Gawang Ghana

Apabila mengonsumsi teh hijau untuk turun berat badan maka mungkin bisa memilih jenis matcha biar hasilnya maksimal. Ini karena teh hijau matcha memiliki sumber nutrisi dan antioksidan terbanyak.

“Seluruh daun digiling dan dikonsumsi sebagai bagian dari minuman, berbeda dengan (kebanyakan) jenis teh hijau lainnya yang daunnya direndam dan kemudian tehnya dikonsumsi,” jelas ahli diet terdaftar Isabel K Smith, seperti yang dikutip dari Healthy Women.

Cara Membuat Teh Hijau untuk Diet yang Tepat

Ada cara minum teh hijau untuk diet yang benar dan juga salah. Salah satu cara untuk minum teh hijau dalam program diet yang tepat perlu memperhatikan penyeduhannya juga. Terkesan simple, ternyata sangat penting sekali di perhatikan.

Nah, cara minum teh hijau untuk diet dengan mulai menyeduh teh hijau tersebut dengan air yang tidak terlalu panas. Berhati-hatilah, karena air mendidih ternyata mempunyai efwk buruk untuk katekin yang berharga (bahan kimia teh yang sehat). Cara minum teh hijau untuk diet dengan awalan merebus air hingga mendidih.

Diamkan selama sekitar sepuluh menit menjadi cara minum teh hijau untuk diet yang benar dan tepat. Jadi yang perlu diingat adalah, air yang gunakan untuk menyeduh teh hijau tidak boleh terlalu panas atau dingin. Suhu air dalam menyeduh teh hijau untuk diet yang terbaik yakni 160 dan 180 derajat.

Selanjutnya, tuangkan air ke atas teh hijau dan seduh selama sekitar satu menit sebelum disajikan. Ingat, jangan merendam teh hijau lebih dari 2 sampai 3 menit. Lebih sedikit dari waktu yang telah di tentukan akan mencegah daun teh melepaskan rasanya sementara lebih banyak waktu akan membuat teh terasa pahit. Ini adalah cara minum teh hijau untuk diet yang tepat dalam prosedur penyeduhannya.

Waktu Terbaik Minum Teh Hijau untuk Diet

Lalu kapan waktu terbaik untuk minum teh hijau dalam melakukan program diet? Mengutip dari Times of India, mengikuti cara minum teh hijau untuk diet yang terbaik yakni perlu menetapkan kapan waktu yang pas mengonsumsinya. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal dari teh hijau tersebut penting untuk meminumnya pada waktu yang sesuai dengan kebutuhan anda.

BACA JUGA  Awas Kebanyakan Main HP, Bisa Kena Syndrome Ini

Salah satu studi menunjukkan jika waktu terbaik dalam minum teh hijau adalah di pagi hari dan sebelum berolahraga. Anda bisa mengganti secangkir kopi dengan teh hijau menjadi cara terbaik untuk memulai harimu saat menjalani program diet.

Sekedar informasi, di dalam teh hijau mengandung sejumlah kafein dan L-theanine. Keduanya bersama-sama dalam membantu meningkatkan suasana hati dan konsentrasi. Waktu inilah juga menjadi cara minum teh hijau yang terbaik untuk diet dan membantu membakar lemak.

Mengonsumsi teh hijau sebelum sesi latihan bisa membantu dalam  pembakaran lemak secara maksimal. Beberapa penelitian juga menunjukkan jika melakukan minum teh hijau untuk diet sebelum olahraga mampu meningkatkan proses pembakaran lemak lebih banyak.

Waktu Terburuk Minum Teh Hijau untuk Diet

Bukan hanya mengenali cara terbaik membuat teh hijau atau waktu mengonsumsinya. Akan tetapi amat lebih penting jika anda memahami waktu terburuk minum teh hijau untuk diet. Sehingga anda bisa menghindarinya, agar usaha anda untuk diet tidak sia-sia. Akan sangat buruk jika teh hijau di minum setelah makan dan pada malam hari. Penasaran, kenapa?

Jadi ada berbagai jenis senyawa yang ditemukan dalam kandungan teh hijau. Disinilah letak yang dapat mengikat mineral di dalam makanan dan memblokir penyerapannya dalam tubuh. Zat besi, tembaga, dan kromium merupakan beberapa mineral yang mungkin tidak bisa diserap oleh tubuh apabila minum teh hijau segera setelah makan.

Selain itu, buruk pula atau tidak di anjurkan ketika anda sedang menjalani program diet tetapi mengonsumsi teh hijau sebelum tidur. Hal ini karena kandungan kafein di dalamnya membuat anda justru sulit untuk tidur. Disamping itu, minum teh hijau untuk diet pada malam hari juga dapat menyebabkan kecemasan, tekanan darah tinggi dan gugup.

So, buat anda yang sedang menjalani program diet sebaiknya perhatikan aturan-aturannya dan lalukan sebaik mungkin dengan langkah yang tepat.